Sunday, November 25, 2012

Analisis Usaha Warnet

Published by Wahyu Sedana Yoga on Sunday, November 25, 2012  | No comments


Disusun Oleh :
Nama  : I Putu Wahyu Sedana Yoga
No       : 18
Kelas  : XI TKJ 2

SMKN 3 SINGARAJA


1.Lokasi/tempat
Lokasi/tempat warnet saya adalah bertempat di Desa Munduk, saya membuka warnet di desa saya karena di desa saya tidak ada warnet jadi ini sangat menguntungkan bagi saya sendiri dan warnet saya akan pasti rame.

2.Spec Komputer

 Karena di daerah sekitar kita saya belum ada warnet jadi saya bisa berhemat dengan menggunakan spec komputer yang standar biasa saja. Karena komputer warnet saya hanya untuk di gunakan browsing /chatting, nanti kalau ke depannya warnet saya sudah terkenal dan banyak mendapat untung baru saya akan menambah spec komputer warnet saya karena warnet saya mau dijadikan game center, dengan aneka games tinggi dan online.


3.Harga jual dan jam operasional

Di warnet saya, biaya per jam. Karena paket internet saya paket bulanan. Jadi biayanya 5000,-/jam. Warnet saya akan buka dengan waktu yang panjang karena semakin panjang waktu warnet saya buka pastinya semakin banyak untung tetapi tentunya semakin banyak juga omset yang saya keluarkan.

4.Dikelola secara professional atau sistem kekeluargan ?
Untuk tenaga kerja, usaha warnet saya akan dijaga oleh family. Disini saya menggunakan family agar pengeluaran saya lebih sedikit, kalau saya menggunakan karyawan pengeluaran saya akan lebih banyak karena saya juga harus menggaji karyawan.

5.Penyusutan computer dan gedung.
Ini adalah poin terpenting dalam bisnis warnet. Rata-rata warnet kecil yang saya buat buat tanpa menghitung penyusutan computer. Jadi perhitungan saya simple saja, dalam 1 bulan dapat omset dari warnet misalnya 10 juta, terus dipotng biaya listrik, biaya internet, dan lain sebagainya katakanlah total 5 juta, maka keuntungan saya perbulan adalah 10 juta – 5 juta = 5 juta. Dalam setahun 12 bulan x 5 juta = 60 juta.
Seharusnya keuntungan 5 juta tadi, harus dipotong dulu dengan yang namanya penyusutan komputer. Biasanya saya hitung, satu unit komputer itu dinolkan (dianggap tidak bernilai lagi) dalam waktu 3 tahun. Jadi kalo harga 1 unit komputer 3 juta, maka biaya penyusutan per bulan adalah : Rp 3 juta / (3 tahun x 12 bulan) = Rp. 83.333. Kalo saya ada 10 unit, maka dengan 10 unit, berarti perbulan saya harus susutkan Rp. 833.333,- Uang ini nantinya saya pisahkan dan saya buat tabungan sendiri.
Untuk sewa gedung saya juga buat penyusutannya, supaya di tahun depannya, saya sudah ada dana untuk menyambung sewa gedung tersebut.

Ok, sekarang coba saya buat analisanya dalam angka-angka supaya lebih mudah dimengerti.


1.Investasi awal :

1.Sewa gedung, asumsi Rp. 10 juta per tahun
2.PC untuk warnet 10 pc, asumsi Rp. 3.500.000 /unit
3.PC untuk server 1 pc, asumsi Rp. 5.000.000 / unit
4.Biaya pembuatan perabot , asumsi rp. 5.000.000
5.Biaya instalasi jaringan, switch dan kabel, asumsi Rp. 2.000.000,-
6.Investasi lainnya, misalnya, line tel, listrik, cat ulang ruangan, asumsi Rp. 5.0000.000,-

Total Rp. 62.000.000,-

2.Biaya operasional :

1.Biaya koneksi internet, asumsi memakai speedy, Rp. 1.750.000 / bln.
2.Biaya listrik dan tel, asumsi Rp. 1.000.000 / bln
3.Biaya lainnya (cadangan), Rp. 500.000 / bln
4.Biaya penyusutan,

*untuk gedung Rp. 10.000.000 / 12 bln = Rp. 833.333 / bln
*untuk pc dan server Rp. 38.500.000 / 36 bln = Rp. 1.069.000 / bln
*untuk lainnya, kita juga asumsi susut dalam 36 bln,

biaya perabot, instalasi, dll Rp. 12.000.000/36 bln = Rp. 333.333 / bln
Total biaya penyusutan Rp. 2.235.000 / bln
Total biaya operasional + penyusutan = Rp. 7.085.000,-
3.Omset Pendapatan
Dengan jumlah 10 komputer, dan jam buka 12 jam (jam 10 pagi s/d 10 malam), kemudian harga jual Rp. 5000 / jam. Maka maksimal keuntungan yang bisa kita dapat adalah
10 pc x 12 jam x Rp.5000 = Rp. 600.000 / hari.
Tapi ini adalah tidak mungkin, karena saya harus kalikan dengan tingkat kepadatan pengunjung yang datang. Saya asumsikan dengan nilai 50%, dalam arti rata2 yang main setiap saat hanya setengah dari kapasitas warnet saya.
Maka keuntungan perhari adalah Rp. 600.000 x 50% = Rp. 180.000.
Untuk satu bulan, kita kali kan dengan 30 hari = Rp. 5.400.000,-


Dengan perhitungan diatas, maka usaha warnet saya tadi adalah rugi Rp.7.085.000- Rp. 5.400.000 = Rp. 1.685.000 / bulan.


Karena untung usaha saya dalam 1 bulan sedikit jadi saya buat usaha tambahan selain warnet, saya juga menyediakan penjualan minuman dan makanan ringan, sehingga ada omset tambahan.
* Saya Menyediakan printer untuk bisa mencetak, saya hitung biayanya per lembar.
* menyediakan jasa download, jasa copy cd/dvd jasa pengetikan, service computer/laptop,  penjualan cd/dvd, penjualan accessories komputer, pulsa telepon.


Filed in :
About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

    If you would like to receive our RSS updates via email, simply enter your email address below click subscribe.

like this

© 2013 Informasi Keren . WP Theme-junkie converted by BloggerTheme9
Blogger template. Proudly Powered by Blogger.
back to top